Photobucket

Sabtu, 22 Maret 2008

Sikap BEM KM Undip ttg Ujian Masuk Undip

Sudah menjadi harga mati bahwa pendidikan merupakan kebutuhan mendasar bagi semua orang, dan setiap orang memiliki hak yang sama untuk menjadi seorang yang professional dan meningkatkan taraf kehidupannya melalui jalur pendidikan. Universitas Diponegoro merupakan salah satu perguruan tinggi di Jawa Tengah yang memiliki tugas dalam rangka mencerdaskan anak Bangsa, sehingga Negara ini memilki orang-orang yang unggul dari berbagai aspek dan meninggalkan ketertinggalannya dengan Negara maju lain yang persaingan antar Negara semakin kompetitif.
Permasalahan klasik yang sampai saat ini adalah apakah pendidikan menjadi prioritas utama bagi Pemerintah dalam melakukan pembangunan era ini, dilain sisi banyak Negara maju yang menggratiskan bagi siapa yang ingin merasakan manisnya ilmu shingga menghasilkan banyak sumber daya siap kerja ditambah hubungan antar Negara yang semakin tidak ada batasnya, sehingga orang asing bebas untuk masuk ke Indonesia untuk menjadi tenaga professional. Apakah lagi-lagi orang
Indonesia menjadi pembantu di negerinya yang kaya ini sendiri.
Pemerintah yang meberikan otoritas kepada perguruan tinggi untuk mandiri dalam hal dana menyebabkan banyak perguruan tinggi yang berlomba-lomba mencari dana untuk menunjang infrastruktur PT tersebut.
Sehingga biaya atau dana seseorang untuk mengenyam di perguruan tinggi tidaklah murah. Apakah lagi-lagi rakyat miskin yang jadi korbannya yang notabene jumlahnya mayoritas di negeri ini dan apakah hanya yang memiliki duit yang bisa merasakan pendidikan di Indonesia.
Universitas Diponegoro yang terkenal dengan kampus rakyat tahun ini akan menerima calon mahaiswa baru (camaba) 7090 orang, dengan jalur yang berbeda, UM 1 (24,74%), PSSB (13,34 %), SPMB (21 %) UM 2 (40,9%). Berbeda dengan tahun sebelumnya, Undip meningkatkan porsi masuk UM 1. UM yang dikelola secara mandiri oleh Undip bertujuan untuk mencari camaba yang lebih berkualitas dan sudah tentu mencari dana untu menuju universitas riset. Perlu diketahui berbeda dengan SPMB, dalam UM seseorang harus mengisi Sumbangan Peningkatan Mutu Pendidikan (SPMP) yang berbeda-beda setiap jurusannya. Dan Undip sebagai kampus rakyat mengakomodasi orang yang tidak mampu untuk mengisi 0 juta rupiah. Menurut pihak Undip dalam penerimaan dan penyeleksian camaba lewat UM didasarkan dan diprioritaskan berdasarkan nilai, baru dana, dan Undip pun memberikan kuota kepada pengisi 0 juta rupiah sebesar 100 orang lebih (10 % dari total camaba yang masuk lewat UM 1 yang tahun sebelumnya hanya sebesar 7 %), maka dari itu orang yang benar-benar berkualitaslah yang akan diterima di Undip.
SPMA yang memberikan efek psikologis bagi masyarakat khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu sehingga mengurungkan ikut UM bahkan memaksakan diri untuk mengisi SPMA. Berita beredar di Masyarakat bahwa yang akan mengisi 0 juta rupiah akan sulit diterima di Undip adalah anggapan yang salah besar, maka kami dari BEM KM Undip memberikan statement:

1. Bahwa bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga ”tidak mampu” dan memilki kemampuan yang baik jangan takut ikut UM dan menulis 0 juta rupiah.

2. Dalam hal ini Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM Undip) mendirikan Kesejahteraan Mahasiswa centre (Kesma Cenre) yang mengawasi jalannya UM. Segala bentuk pengaduan, permasalahan serta masalah mengeni UM bisa disampaikan ke secretariat Kesma Centre di PKM Joglo Undip Pleburan, Jl. Imam Bardjo SH No. 2 Semarang, email : bemundip@gmail.com, dan via sms Dayan (0852 263 15163), Arif Mawardi (0852 900 34943).

Semoga Undip terus mencitrakan menjadi kampus rakyat yang menuju universitas riset, dan pendidikan di Indonesia memihak kepada rakyat. Hidup mahasiswa, Hidup rakyat Indonesia!!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam perjuangan...
++++++++++
memmang pendidikan, perkembangan teknologi, ekonomi dan semua yang mengikutinya penting dalam membangun bangsa dan negara, semoga saja bisa tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarso sung tulodho..
bangunlah dari hal yang kecil..

arf

Photobucket

Free chat widget @ ShoutMix


Template by Abdul Munir | Blog - Layout4all